Point of Interest - Tempat Wisata

Cirebon is known as Grage in the Cirebon dialect of Javanese language, which came from the words "Negara Gede", meaning "Great Kingdom." Cirebon culture was described as Java Pesisiran (coastal) culture, with notable mixtures of Sundanese, Chinese, Arabic-Islamic and European.

Cirebon dikenal sebagai Grage dalam dialek bahasa Jawa Cirebon, yang berasal dari kata "Negara Gede", yang berarti "Kerajaan Besar." Budaya Cirebon digambarkan sebagai budaya Jawa Pesisiran (pesisir), dengan campuran penting antara Sunda, Cina, Arab-Islam dan Eropa.

Keraton Kasepuhan

Description

Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitekturkeraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya.[1]

Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.

Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Di dalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja.

Keraton Kacirebonan

Description

Kecirebonan dibangun pada tanggal 1800 M, Bangunan kolonial ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan sejarah seperti Keris, Wayang, perlengkapan Perang, Gamelan dan lain-lain.

Seperti halnya Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, Kecirebonan pun tetap menjaga, melestarikan serta melaksanakan kebiasaan dan upacara adat seperti Upacara Pajang Jimat dan sebagainya.

Kacirebonan berada di wilayah kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, tepatnya 1 km sebelah barat daya dari Keraton Kasepuhan dan kurang lebih 500 meter sebelah selatan Keraton Kanoman. Keraton Kacirebonan posisinya memanjang dari utara ke selatan (posisi yang sama dengan keraton-keraton lain di Cirebon) dengan luas tanah sekitar 46.500 meter persegi.

Keraton Kanoman

Description

Kesultanan Kanoman adalah suatu wilayah hasil pembagian kesultanan Cirebon kepada ketiga orang puteranya setelah meninggalnya Pangeran Girilaya atau yang dikenal dengan nama Panembahan Ratu pakungwati II pada tahun 1666. Putera pangeran Girilaya masing-masing adalah Pangeran Raja Martawijaya yang kemudian memerintah Kesultanan Kasepuhan yang berpusat di keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Kartawijaya yang memerintah kesultanan Kanoman yang berpusat di keraton Kanoman dan Pangeran Raja Wangsakerta yang menjadi Panembahan Cirebon yang bertugas dalam hal pendidikan putra-puteri keraton, Pangeran Raja Wangsakerta bertempat tinggal di keraton Kasepuhan dan membantu Pangeran Raja Martawijaya memerintah kesultanan Kasepuhan sebagai Sultan Sepuh I.

Goa Sunyaragi

Description

Gua Sunyaragi adalah sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon di mana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebgaai Tamansari Sunyaragi. Nama "Sunyaragi" berasal dari kata "sunya" yang artinya adalah sepi dan "ragi" yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para SultanCirebon dan keluarganya.

Culinary - Pusat Kuliner

Cirebon is also known for its local cuisines and delicacies, such as empal gentong, Mie Koclok, Nasi Lengko, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot, Tahu Tek-tek and ayam panggang. Another native food is "Docang".

Kuliner Cirebon juga terkenal dengan masakan lokal dan makanan lezatnya, seperti empal gentong, Mie Koclok, Nasi Lengko, Nasi Jamblang. Makanan asli lain adalah "Docang".

Empal Gentong

Description

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal Gentong pilihan wisatawan : Empal Gentong H Apud, Empal Gentong Krucuk, Empal Gentong Amarta, Empal Gentong Mang Darma

Nasi Lengko

Description

Sega lengko (nasi lengko dalam bahasa Indonesia) adalah makanan khas masyarakat pantai utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya). Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. Nasi Lengko pilihan Wisatawan : Nasi Lengko H Barno, Nasi Lengko Jalan Bahagia.

Nasi Jamblang

Description

Nasi jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati. Porsinya kecil, hanya segepal tangan orang dewasa. Proses memasaknya sama seperti nasi biasa. "Bedanya, kalau nasi jamblang, diakul (diaduk) dulu pakai kipas sampai dingin, baru dibungkus daun jati,". Nasi Jamblang pilihan wisatawan : Nasi Jamblang Mang Doel, Nasi Jamblang Bu Nur, Nasi Jamblang Ibad Otoy, Nasi Jamblang Pelabuhan.

Docang

Description

Docang dari bahasa Cirebon singkatan dari dua kata yaitu; Bodo (baceman) dari oncom dage + Kacang Hijau yang dijadikan Toge. Perpaduan dari lontong, daun singkong, toge, dan kerupuk, yang berkolaborasi sayur Oncom Dage/Oncom Gembos yang terbuat dari ampas tahu dicampur sedikit bungkil kacang tanah (sisa perasan dijadikan minyak) yang disebut gempa (yang dihancurkan) serta di kombinasikan dengan parutan kelapa muda. Docang pilihan wisatawan : Docang Ibu Kapsah (sebelah Hotel Bentani), Docang Amarta, Docang Pak Kumis.

Batik & Gift Shop - Pusat Oleh-Oleh

Batik textiles from Cirebon, especially Cirebon batik with vivid colors with motifs and patterns, that demonstrate Chinese and local influences, are well known. Chinese influences can be seen in Cirebon's culture, most notably the Cirebon batik Megamendung pattern that resembles Chinese cloud imagery. The Trusmi area is the production center of Cirebon batik. Cirebon Glass Painting is another aspect of Cirebon arts and crafts. The imagery in glass painting is usually derived from wayang theme to Islamic calligraphy.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal dan menjadi ikon Cirebon adalah motif Megamendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali.

Batik

Description

Toko Batik pilihan wisatawan : Batik Trusmi, Batik Lebet Sibu, Pesona Batik, EB Batik.

Toko Oleh-Oleh Daud

Description

Toko oleh-oleh Daud membuka beberapa cabang, antara lain: Jl. Sukalila Utara No 12-14, Telp. 0231-202632, Jl. Ir. H Juanda No 9-11 (Dawuan Tengah Tani) Telp 0231-8494159

L'Bon Gift Shop

Description

L'Bon gift Shop terletak di Lobi Bentani Hotel and Resicence Cirebon

Ketan Gurih Ny. Lany

Description

Rumah kue Ny. Lany, jalan Kesunean No 3, Telp 0231238945

Car Rental

Sometimes when you travel, you wanna skip the trains and buses. We do understand. Enjoy the freedom of four wheels while abroad and get the most out of your vacation with incredible deals on car rentals. We use exclusive cars Hyundai H1 to make your vacation or business more colourfull. Please contact our reception or reservation for more information and reservation.